Serat kagem Bapak

Jumat, 7 April 2017....
Pak, shaf terdepan tempat biasa Bapak duduk di masjid, pas jumatan tadi sudah dipakai orang lain. Iya pak, siang tadi menjadi jumatan pertamaku di Masjid Taslim tanpa Bapak. Bapakku yang selalu berangkat di waktu awal jumatan agar pundi-pundi pahala lebih banyak terkumpul, lebih mendekat ke surga.

Saudara dan teman-teman baik Bapak yang selama ini bersapa salam sesaat sebelum Bapak masuk ke pekarangan pasti akan merindukan momen itu. Tapi sekarang insyaAllah Bapak udah tenang di alam sana. Allah sayang banget sama Bapak, Allah memanggil Bapak dengan sangat tenang. Kata Ibuk, Bapak pergi dengan ‘apik banget’. Itu yang menguatkan kami Pak, alasan itu yang membuat kami jadi lebih ikhlas melepas Bapak.
 
Foto terakhir Bapak bersama anak cucunya....
Pak...istri, anak, dan cucumu ikhlas melepas Bapak, meskipun tak terbantah kalau kami sangat-sangat sedih, bahkan tangisan yang terledak keras itupun belum dapat mewakili kesedihan hati kami. Tapi sekali lagi, kami ikhlas bapak mendahului kami, karena kami yakin insyaAllah kita akan bertemu lagi dengan lebih membahagiakan.


Pak, istri anak cucumu wajib bangga dengan Bapak. Kemarin banyak banget yang mengantarkan Bapak tindak ke tempat istirahat terakhir, melebihi angka 1.500 orang lho Pak. InsyaAllah kehadiran mereka turut melapangkan jalan Bapak dengan doa-doa yang mereka panjatkan. Sepertinya tidak perlu penjelasan lain kenapa yang datang takziah ke rumah kita sebegitu banyaknya. Iya pakBapak orang baik, Bapak ada di hati mereka.... Indah banget.
 
Testimoni online terhadap Bapak di akun facebook saya.
Begitu menyenangkannya Bapak....
Pak, apa kabar njenengan di sana? Kula sudah kangen banget... Tadi siang saya pakai baju koko, sarung, dan sandal Bapak yang tempo hari bapak jahit sendiri pas jebol. Tiduran sebentar di kasur Bapak, sambil dengerin RRI dari radio kecil kesayangan Bapak. Kangen Pak...
Radio kecil ini menjadi teman setia Bapak ketika beraktifitas di rumah.
Nyapu latar, mbubuti suket, ngisi TTS, dll
Bapak, sepertinya 10 tahun terbebani sakit jantung telah usai Pak. Bapak udah nggak sesek-sesek lagi kalau abis angkat barang berat atau jalan jauh. Sekarang bapak sudah terbebas dari 7 macam obat yang selama ini sering Bapak minum.

Bapak tindak dengan tenang. Tidak ada yang mengira kalau Bapak akan pergi secepat ini. Sebelumnya kan Bapak masih dadah-dadah sama kean-kenji ketika kita ber-videocall...?
Tapi isyarat tetep ada kan yah.... Sebelum dibawa ke rumah sakit di minggu siang, minggu pagi Bapak buat surat wasiat kepada kami, penerus-penerusmu. #nangis

Ohya, Bapak udah tau belum? Kuis TTS yang njenengan kirim ke ‘KR’ atas namanya Ima, ternyata menang lho Pak. Wahhh...Bapak meninggalkan warisan lagi, hadiah kuis TTS. #nangislagi

Pak, kami masih belum bisa membayangkan, walaupun beberapa hari telah terlalui, berkegiatan di rumah dengan tidak ada Bapak. Mungkin akan berat, terutama untuk Ibuk, partner sejatimu. Tapi kita akan lalui itu Pak, dengan sekali lagi, ikhlas. Ibuk akan tetap kita cintai, kita jaga, kita lindungi, kita agungkan sekuat kita bisa.
Disini Saya terakhir memelukmu dan menciummu Pak....

Yang nganter Bapak banyak kan? Banyak banget Pak....

Assalamu'alaikum Pak, apakabar...?
Doa kami ini insyaAllah tidak akan terputus Pak....  
Pak, ayam Bapak insyaAllah aman...makan pagi, makan sore akan di-handle Tri. Sesuai dengan pesen Bapak tempo hari, akan segera dibelikan pohon pucuk merah untuk ditanam di depan rumah dan pohon duren juga akan segera dirapikan. Ohya, rumah tetep akan rame kok Pak….kalo nggak hujan, badminton di depan rumah tetap akan ada, insyaAllah akan makin rame…sesuai keinginan Bapak.

Mohon maaf, nyuwun pangapunten atas segala kesalahan, kekurangan dan kekhilafan ibuk dan anak cucumu ke Bapak.
Sampun dulu njih Pak, Bapak istirahat yang tenang yah…. Semoga Bapak husnul khotimah, dilapangkan kuburnya, diterima amal ibadahnya, dan diampuni dosanya.
Cucu sulung Bapak, semakin khusyu berdoa selepas shalat.
Katanya kirim doa kagem Njenengan Pak....
Kean dan Kenji walopun sedih banget, mereka juga ikhlas kok Pak. Mereka janji akan terus doain Bapak selepas shalatnya. Pesan Bapak agar mereka rukun selalu ampuh untuk kami meredakan emosi mereka ketika mereka bersiap untuk 'bertarung'. Katanya, mereka sayang banget sama Mbahkung….

Sugeng tindak Pak. We love you forever….

4 komentar:

  1. Terharu dan sangat menyentuh, nunut donga kagem bapak....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maturnuwun rin...
      Orang pertama sing ngobrol karo aku (di bandara) sesaat selepas bapak...:)

      Hapus
  2. Mbahkung aku kangen. Semoga dosanya diampuni Allah swt. Semoga mbahkung ibadah dan amalnya diterima Allah. Semoga khusnul khotimah.
    Besok kalau ke jogja,kean ke makamnya mbahkung ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semua kangen mbahkung mas. Ikhlaskan dan doakan beliau yah...
      Kelak kita akan sowan ke peristirahatan terakhir mbahkung, mendoakan beliau...

      Hapus